Selama liburan kuliah edisi ini (1 bulan penuh..Agustus :D), saya banyak ngutak-ngatik BlackBerry software developing. Yah…a curiosity. Well, sebenarnya saya sudah beberapa bulan belajar ngoprek Blackberry. Cuma belum pernah sampai membuat real application (setelah sempat, malah gak sempat memposting progressnya, sibuk mulu…maklum buruh IT ).

Karena kecintaan saya dengan budaya Batak (yang juga menjadi latar belakang, visi, dan misi BatakPedia ini kami buat), saya akhirnya membuat Kamus Batak – Indonesia. Lebih tepatnya Toba-Indonesia, berhubung data yang ada masih Toba-Indonesia. Untuk sub etnis lain..masih tahap proses pengumpulan database kosa katanya.

Di simulatornya sudah jalan dengan sempurna. Ada beberapa bug namun sudah bisa running.

Sedikit curcol…Berhubung saya tidak punya device Blackberry, terpaksa saya membelinya… Yah biar bebas mengopreknya. Kurang puas rasanya jika modal minjam. Saya mendevelop aplikasi Android dengan modal minjam devicenya…hahahah. Meski aplikasi ini berjalan baik dan mendapat apresiasi yang lumayan wah… jumlah download selama 7 bulan sampai 34 ribu, tapi di kemudian hari saya mendapat report bug. Setelah difix, malah gak ada lagi hape yang bisa dipinjami untuk ngetest (soalnya saya ‘bermigrasi’…semi nomaden :D)
Nah saya ingin membuat aplikasi yang sebisa mungkin tidak memiliki bug, yah bug seminal mungkin. Jadi saya membeli device BlackBerry.

Baca juga:  Cerita Guru Saman Seorang Jagoan Batak Dari Karo

Harga BlackBerry ternyata sudah tidak semahal dulu, tapi tetap saja saya musti ngeluh… karena tabungan saya ludes.
Sebenarnya pilihan saya bukan Blackberry, karena dulu juga saya sudah sempat pakai BlackBerry.
Maunya sih Iphone tapi dengan harga murah…hahahha (price never lies :p)
Tapi berhubung dana saya tidak mencukupi (maklum buruh IT :d) dan kebetulan handphone saya juga sudah tidak ada, semua contact dan data penting juga hilang (maaf yah buat teman-teman yang sering nge-sms/nelpon atau yaang sering ku-sms/telpon belakangan ini gak ada kabar :D); saya mau tidak mau beli BB juga. pilihan jatuh pada BlackBerry 9300. Selain harganya memang yang paling murah dari berbagai tipe BB yang baru, lumayan sudah bisa 3G pula :D.

Baca juga:  Aplikasi BatakPedia hadir di Android

 

Progressnya?
Saat ini sudah bisa berjalan di BlakBerry 9300 saya (OS versi 6).
Semula tidak bisa jalan, salah satunya masalah signature. Ada muncul warning.
Setelah disign dengan key, malah gak bisa jalan sama sekali, no notification, no error.

Saya bingung, tanya Google lagi. Akhirnya setelah seharian googling, saya mencoba merestart device saya dan mencabut baterainya, baru aplikasinya jalan. Sedikit extrim dan hard code menurut saya.

Baca juga:  Kesenian Suku Minangkabau yang Paling Terkenal

 

Tampilannya?
Tampilannya sederhana banget. Yah prinsip saya kalo bisa simple ngapain dibikin ribet (ngeles aja karena gak bisa bikin tampilan wah:D). Saya masih belum sempat menunggah screen shootnya. Later akan saya update.

 

Kapan resmi rilisnya? Kapan diunggah ke market?
Tunggu tanggal mainnya….

 

 

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hurangan.

BATAKPEDIA