Bariba Tali adalah sebuah dusun yang masuk wilayah Desa Nauli, bertetangga dengan Desa Siahaan, Kec. Sigumpar (dulunya masuk Kec.Silaen, sekarang sudah dimekarkan), dan tidak jauh dari Desa Narumonda V/Sipitu-pitu, Kec. Siantar Narumonda (dulunya masuk Kec. Porsea, sekarang sudah dimekarkan)

Jarang ada orang lain cukup mengetahui daerah ini walaupun sering diucapkan atau didengarkan, semisal gaya bahasa kata-kata berikut

(kata sifat) sian dia? Sian Bariba Tali

Yang  artinya kira-kira sama dengan ungkapan berikut :

(kata sifat) darimana? Dari Hongkong :p

 

Baca juga:  Penyebaran Suku Batak Secara Geografi

Namun Bariba Tali masih memiliki benda pusaka yang dianggap memiliki kekuatan magis, yaitu Gana ni Bariba Tali.  Gana adalah patung (mohon maaf di Kamus Batak Toba – Indonesia belum ada kosa katanya). Tak jarang dirujuk berhala (gana-ganaan).

Gana ini dipakai untuk dua orang yang bersengketa/konflik hebat, yang sudah tidak bisa diselesaikan dengan cara damai. Ke dua orang yang bersengketa akan bersumpah di depan Gana tersebut. Pihak yang salah, biasanya dalam waktu yang tidak lama (beberapa bulan) akan terkena kutuk : mengalami musibah/sakit. Dengan kata lain, jika salah satu dari dua pihak tersebut ada yang terkena musibah/sakit maka pihak tersebut dianggap salah

Baca juga:  Si Boru Tumbaga

Kebiasaan ini sering dilakukan sejak jaman dahulu, bukan hanya di kalangan suku Batak, tapi juga diberbagai penjuru dunia.

Sepengetahuan penulis, Gana ni Bariba Tali ini bisa disewa dengan biaya demban/sewa (saya kurang tahu istilah lebih tepatnya :D) seharga 10 Kaleng Padi (eme).

Baca juga:  Asal-Usul Kota Pematangsiantar

Mohon maaf penulis tidak bisa menampilkan gambar Gana ni Bariba Tali.

 

 

 

 

 

 

 

Gambar :www.chinci.com/travel/pax/p/6726608/Bari+Batali/ID/Indonesia/0/

 

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hurangan.

BATAKPEDIA