Saat ini Batakpedia sedang mengembangkan aplikasi mobile batakdict. Saya sendiri sudah memulainya dari bulan kemarin…namun berhubung lagi sibuk ngerjain urusan kantor….(banyak problem system, jaringan, dan server di kantor) dan ada mainan baru (translator like Google Translator), akhirnya saya menyerahkan ke bro Rikky Hasibuan.

Sementara untuk versi Blackberrynya, bro Ganda Manurung a.k.a rhe_awan akan menghandlenya. Saat ini sedang dikembangkan beliau šŸ˜€ (cepat-cepat ya bro….udah gak sabaran lagi nih…:D)

Untuk versi java (J2ME) kemarin saya meminta bro Eka menyelesaikannya. Namun berhubung si masbro-nya udha lama tidak menyentuh J2ME..maka pengembangan tersendat. Setelah versi Android dan Blackberry-nya kelar, rencana langsung kelarin yang J2MEnya…

Namun karena saya orangnya gak sabaran dalam mewujudkan mimpi ini, saya sambil mengerjakan lagi yang versi Android.Ā  Menunggu kabar dari bro Rikky. kemarin sih yang dikerjakan si masbro udha 50%…pernah malam2 si masbro ngasih kabar udah siap testing dan berjanji akan mengirim apk-nya (versi exenya kalo di windows :D), namun kutunggu janjinya masih belum dipenuhi…(*maklum si masbro Rikky kan orangnya super sibuk…kuliah di UI sih….:d)

Baca juga:  Kesenian

Nah sekarang aku mau pamerkan hasil kerjaanku…Intinya nanti yang akan dirilis adalah yang terbaik dan cocok dengan kebutuhan pasar (*ceilehhh…..lagak saia bak seorang ekonomiwan :d), gak peduli versinya masbro Rikky atau hasi kerjaanku.

Biar gak penasaran…check this out…(gambarnya silahkan di pelototin ya :d)

Penjelasan :

karena ini versi offline, saya rasa tidak perlu insert,update,delete…cukup select doank. Cukup melakukan pencarian kosakata, jadi tidak perlu ada edit,update,delete. Untuk versi berikutnya diharapkan menjadi versi Onlie agar semakin melengkapi database batakpedia…(tentu saja permissionya ada :d). Untuk itu nanti kepada tim Web development pra Carlin,bro Horas, Bro Eka, dkk secepatnya kita buat APInya situs ini.

Baca juga:  Kalender Batak : Panjujuran Ari dan Parhalaan

Pencarian ada 3 jenis : Auto, Indonesia, dan Batak. Saia rasa ini gak perlu ku jelasin :D. Fitur lainnya adalah aksara translator sama seperti aksara translator versi web ini. Saya membuatnya on event key up dan key down…ketika diketik langsung diterjemahkan. Hanya saja belum divalidasi huruf-hurufnya….Agak susah sih…Saya orangnya humoris…doyan bercanda..TAPI kali ini saya SERIUS….benar-benar SUSAH:D. Apalagi disini gak boleh main-main, nanti saia bisa di cap menyesatkan orang jika translator aksanya tidak benar.

Menu lain yang perlu saya beritahu adalah tentang BatakPedia, dan Donasi. Lho kenapa donasi? BatakPedia adalah non-profit proyek, saat ini masih swadaya…dari kami sendiri. Tepatnya dari kantong saia paling banyak habisnya bro Carlin Siagian banyak pengeluaran untuk kencan…*colek Carlin Siagian :d (karena berhubung saya masih single/jomblo, jadi pengeluaran saya tidak terlalu banyak:-))). Mudah-mudahan nanti ada orang atau institusi yang berbaik hati menjadi sponsor. Sambil menunggu adanya sponsor, kita tetap membutuhkan dana…Nah itu gunanya menu donasi..Even 1 dollar akan sangat kita hargai. Bagaiman juga Batakpedia adalah non-profit proyek untuk melestarikan mengembangkan suku budaya Batak. Dari komunitas, untuk komunitas, dan oleh komunitas.

Baca juga:  Contoh Seni Budaya Nusantara dan Mancanegara

Namun ada 1 hal paling besar saya lupa…akun PAYPALL.

*nah lho…gimana caranya orang mau mendonasikan dollarnya šŸ˜•

*jadi saia tidur dulu ya….sudah jam 3:30 pagi mata ini belum istirahat seharian dari jam 5.30 pagi ..(hampir 24 jam :p)

Tunggu tanggal mainnya…..eh tunggu tanggal rilisnya šŸ˜€

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hahurangan.

BATAKPEDIA