MENTERI Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menyebutkan, pemerintah akan melakukan revitalisasi terhadap lima pelabuhan eksisting yang ada di Danau Toba, Sumatera Utara.Kelima pelabuhan yang merupakan pelabuhan utama di kawasan Danau Toba itu yakni Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajibata, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ambarita, dan Pelabuhan Simanindo.

“Revitalisasi ini untuk mendukung kepariwisataan di Danau Toba,” kata menteri Budi usai menghadiri Dialog Nasional Indonesia Maju bersama ribuan mahasiswa di Medan International Convention Center, Jalan Gagak Hitam, Kota Medan, Kamis, 5 Juli 2018.

Baca juga:  BORUA NADI DURU NI TAO (PEREMPUAN DI PINGGIR DANAU) Diterbitkan Dalam Empat Bahasa

Menurut Budi, revitalisasi yang dilakukan tak sebatas fisik pelabuhan. Tapi juga terkait standar pelayanan dan pengawasan pelayaran di pelabuhan-pelabuhan tersebut.

Baca juga:  Horas dan Artinya

Nantinya, semua operator atau pengusahaan perorangan Kapal Motor Penyeberangan yang menggunakan jasa di pelabuhan itu harus mengikuti semua regulasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dengan mengutamakan keselamatan.

 

“Jadi kita menetapkan standar yang sesuai dengan ketentuan sehingga tidak dijumpai lagi kapal-kapal yang tidak memenuhi standar,” tutur Budi.

Baca juga:  5 Tarian Indonesia yang Akan Dipertunjukan di Festival Budaya Inggris

Selain membangun pelabuhan, lanjut Budi, pemerintah juga akan membangun 6 kapal baru yang nanti akan beroperasi di Danau Toba. Kapal tersebut akan lebih besar dari kapal-kapal yang beroperasi di Danau Toba saat ini.

“Kapal itu nanti untuk wisata bahari di Danau Toba. Semuanya untuk mendukung kepariwisataan di sini,” tutup Budi.