Hampir setiap kegiatan adat Batak diiringi musik Batak, baik dalam acara suka maupun duka. Untuk memulai tortor pada acara adat Batak selalu terlebih dahulu meminta kepada Pargonsi (grup musik) atau yang sering disebut “maminta gondang”.

Gondang Batak kini sudah dikolaborasi dengan beberapa jenis alat musik moderen. Permaduan musik tradisonal dengan alat musik moderen misalnya, keyboard, drum dan musik tiup lainnya lebih populer dimainkan saat acara adat Batak di beberapa daerah.

Baca juga:  J.C Vergouwen - Masyarakat dan Hukum Adat Batak Toba

Musik Gondang Batak lengkap asli terdiri dari garantung, hacapi, sarune, tagading, sulim, gong besar dan kecil dan lainnya sudah sangat jarang dipertunjukkan dikarenakan beberapa faktor. Misalnya sekarang di pesta atau upacara seolah-olah musik grup keyboard yang main poco-poco lebih laris dan dihargai daripada dengan musik gondang yang lama punya peran yang sangat penting dalam upacara adat. Pesta kawin yang moderen tidak lagi dianggap lengkap tanpa musik keyboard atau musik tiup yang main lagu pop batak atau pop barat.

Baca juga:  Tulila / Talatoit - Alat Musik dari Sumatera Utara

Video: https://youtu.be/ZxfkYNetRbc