Kategori: Musik dan lagu, Seni Pertunjukan, Alat Musik
Elemen Budaya: Musik dan Lagu
Provinsi: Sumatera Utara
Asal Daerah: Sumatera Utara

Ansambel Gondang Sabangunan atau yang sering juga disebut Gondang Bolon merupakan salah satu ansambel musik yang dimiliki oleh masyarakat Batak Toba. Ansambel Gondang Sabangunan biasanya dimainkan sebagai bagian dari upacara / ritual yang dilakukan di luar ruangan.
Ansambel ini merupakan gabungan beberapa instrument diantaranya:
1. Taganing: termasuk dalam klasifikasi membranofone (media bunyinya lewat membran / kulit) dengan cara dipukul menggunakan stick (alat pemukul terbuat dari kayu biasanya kayu jeruk / kayu nangka). Instrument ini merupakan salah satu dari tiga perkusi bernada di dunia (satu di Afrika, satu di Filipina).
2. Gordang: sama seperti taganing, instrument ini termasuk dalam klasifikasi membranofone dan dipukul menggunakan stick.
Permainan taganing & gordang pada ansambel Gondang Sibangunan / Bolon memiliki perbedaan pada ansambel-ansambel lainnya dalam masyarakat Batak Toba yaitu dimainkan sebagai instrument melodis (taganing) dan instrument ritmis (gordang) dan dimainkan oleh dua orang secara bersamaan. Pemusik yang memainkan instrument taganing disebut Partaganing sedangkan pemusik yang memainkan instrument gordang disebut Panggordangi.
3. Sarune Bolon: termasuk dalam klasifikasi aerofone (media bunyinya melalui udara), woodwind dengan double reed (menggunakan reed sebagai media bunyi dimana reed bergetar karena aliran udara sehingga menghasilkan bunyi). Pemusik yang memainkan instrument ini disebut Parsarune.
4. Ogung (Gong): termasuk dalam klasifikasi Idiofone (menggunakan badan sendiri sebagai media bunyi), dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul. Ogung dalam ansambel ini terdiri atas 4 yaitu Oloan, Ihutan, Panggoar, dan Doal. Dimainkan oleh 4 orang sekaligus. Fungsinya sebagai penjaga ritmis dalam ansambel.

Baca juga:  Sungai Suci

Sample ansambel Gondang Sabangunan:
Gondang Hasahaton Sitio-Tio

 

Source: budaya-indonesia.org