Kategori: Musik dan lagu, Seni Pertunjukan, Alat Musik
Elemen Budaya: Musik dan Lagu
Provinsi: Sumatera Utara
Asal Daerah: Sumatera Utara

Ansambel Gondang Hasapi merupakan salah satu ansambel musik yang terdapat pada masyarakat Batak Toba. Ansambel Gondang Hasapi dipakai untuk kebutuhan ritual / upacara yang dilakukan di dalam ruangan.
Ansambel Gondang Hasapi adalah gabungan beberapa instrument yaitu:
1. Sarune Etek: termasuk dalam klasifikasi aerofone (media bunyinya melalui udara), single reed woodwind (masuk dalam keluarga instrument yang terbuat dari kayu dan menggunakan reed sebagai penghasil bunyi karena reed yang bergetar lewat udara yang ditiup).
2. Hasapi Ende / Indung: termasuk dalam klasifikasi chordofone (media bunyinya melalui dawai / senar yang bergetar), two strings short neck lute (instrument dengan dua senar dan berleher pendek), plucked freet less (dimainkan dengan cara dipetik dan tidak memiliki freet), berfungsi sebagai pembawa melodi.
3. Hasapi doal: sama seperti instrument hasapi ende, hanya berbeda pada fungsinya yaitu sebagai pembawa ritem menirukan bunyi ogung / gong pada ansambel gondang sabangunan.
4. Garantung: termasuk dalam klasifikasi idiofone (media bunyinya adalah badan sendiri) merupakan bilah-bilah kayu yang ditune / distem. Dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stick.
5. Hesek: termasuk dalam klasifikasi idiofone. Pada umumnya terbuat dari dua bilah besi yang dipukulkan. Apabila tidak ada besi, dapat digantikan dengan botol yang dipukul menggunakan besi sehingga menghasilkan suara yang nyaring. Fungsinya menjaga tempo dalam permainan ansambel Gondang Hasapi.

Baca juga:  Nada Indonesia Ku

Sample Gondang Hasapi:
Gondang Sitorop Maribur (Album Tapanuli Ogung by Batara Guru)

 

Source: budaya-indonesia.org