Kategori: Musik
Elemen Budaya: Musik dan Lagu
Provinsi: Jawa Barat
Asal Daerah: Cianjur

Salam senja kepada seluruh insan budaya, penebar semangat kebaikan, penabur benih citra adi manusia. Semoga gerak yang tercurah, menjadi akumulasi dimensi kebaikan luhur nan agung. Semoga kita senantiasa selaras dengan segala “iradah-Nya”.

 

Perkembangan gerak Nusantara selalu ternaungi dengan nilai seni dan budaya, padanya terlahir masyarakat yang berbudi dan sarat akan nilai-nilai arif. Hadir karena keniscayaan, seni dan budaya yang terlahir di negeri ini semakin teruji keberadaannya, keadaan ini semakin kompleks ketika nilai budaya Nusantara tak mampu membendung gelombang budaya populer yang masih cenderung mengikis nilai-nilai lokal.

Baca juga:  Genang / Unggenang

 

Diantara ragam budaya yang ada, batik menjadi ungkapan yang tercurah dari segala nilai arif di tengah masyarakat kita. Dalam berbagai corak batik tertanam semangat serta nilai ajaran yang tetap terjaga luhur, dan didalamnya pula terkandung harapan yang menyuarakan bahwa “Nusantara kan tetap luhur abadi dengan ragam nilai kearifannya”. 

Baca juga:  E Mambo Simbo

 

“Galuh Mukti”, sebagai batik khas Cianjur pun memiliki semangat luhur, Karenanya, melalui balutan musik, Musik Aruslangit ingin ikut serta pada barisan yang lantang bersuara bahwa nilai luhur harus tetap membumi dan jaya.

 

Dari latar belakang budaya inilah Musik Aruslangit berusaha tegak berdiri untuk ikut andil menyuarakan betapa pentingnya menyalakan kembali kobaran semangat kebenaran. Melalui budaya batik dan seni musik, Aruslangit akan mengadakan konser tunggal bertajuk, “Galuh Mukti”; Dari Cianjur untuk Dunia”.

 

Baca juga:  TE KATE DI PANAH

Source: budaya-indonesia.org