Kategori: Aksara Jawa
Elemen Budaya: Motif Kain
Provinsi: DI Jogjakarta
Asal Daerah: Jawa

Kaos Kaligrafi Aksara Jawa berbentuk Kuda dengan tulisan Nglurug tanpa bala sugih tanpa bandha.

Kaos Kaligrafi Aksara jawa gambar kuda tulisan nglurug tanpa bala

 

Nglurug tanpa bala Ungkapan Jawa nglurug tanpa bala dapat di artikan secara harafiah ‘ menyerang tanpa pasukan ‘. Di sini memiliki arti bahwa kita haruslah menjadi orang yang berani bertanggung jawab, berani untuk beraksi walaupun terkadang tinggal kita sendiri. Sikap ini adalah mencontoh sikap kesatria, yang mana bukanlah orang yang mudah untuk terhasut, ikut-ikutan, tetapi lebih cenderung kepada orang yang berani maju, berani meghadapi masalah, berani untuk bertanggung jawab, walaupun yang lainnya mundur / lari dari masalah tersebut.  (Sumber:Wikiquote)

Baca juga:  Aksara Jawa dalam motif kain Kaos Kaligrafijawa Ajur Ajer

Sugih tanpa bandha. Sugih tanpa bandha, kaya tanpa harta. Kaya yang dimaksud sebenarnya adalah tidak berkekurangan, artinya bukan semata-mata harta yang menjadikan tolok ukur. Kaya yang dituju dalam hidup bukanlah pengumpulan harta benda dan uang selama hidup.Tidak berkekurangan karena kita mempunyai relasi yang banyak, pertemanan yang banyak, dimana relasi tersebut membuat kita selalu mudah untuk melakukan segala sesuatu, karena relasi kita, teman-teman kita secara langsung / tidak langsung mau membantu kita, bahkan dengan sukarela / ikhlas. Hal tersebut sebenarnya berawal dari kita sendiri, dimana kita juga dituntut sebelumnya mau melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati, bahkan tanpa imbalan sekalipun. Dengan demikian, dalam kehidupan kita, budi baik kita, akan senantiasi diingat orang lain, dan suatu waktu kita membutuhkan bantuan / pertolongan orang lain, orang lain yang juga dengan sepenuh hati menolong kita / membantu kita, juga tanpa imbalan. (Sumber:Wikiquote)

Baca juga:  Aksara Jawa dalam motif kain Kaos Kaligrafijawa Semar

 

Dengan kaos kaligrafi jawa atau kaos aksara jawa, kita secara tidak langsung ikut melestarikan budaya leluhur berupa aksara Jawa. Maturnuwun.

Baca juga:  Aksara Jawa dalam motif kain Kaos Kaligrafijawa gambar kereta kencana

Salam AKSARA JAWA.

http://www.kaligrafijawa.com

http://www.kaligrafijawa.com/kaos-kaligrafi-aksara-jawa-berbentuk-kuda-dengan-tulisan-nglurug-tanpa-bala-sugih-tanpa-bandha/

 

 

Source: budaya-indonesia.org